BUKU BARU DARI GERAKBUDAYA - MARCH 2011

Keadilan Tidak Untuk Yang Miskin


Eko Prasetyo




Publisher: Resist Book


Year: 2010

ISBN: 9789791097734

233 Pages

RM22.00 / S$15.40

 

Hukum seperti senapan. Menyalak untuk mereka yang tak punya apa-apa. Pencuri semangka, pisang dan sandal harus mendekam dalam bui. Di proses serius dan dikenai hukuman berat. Sebaliknya untuk para koruptor hukum mau diajak negoisasi. Para tersangkanya dibela oleh pengacara unggulan, diberi hukuman rendah dan memperoleh fasilitas istimewa dalam penjara. Kredo semua orang sama dihadapan hukum ternyata bualan. Di hadapan hukum, nyatanya uang dan kedudukan sangat menentukan. Itu pula sebabnya penegak hukum mirip wirausaha yang berbisnis perkara. Ditemani oleh undang-undang dan dikawal para makelar maka hukum jadi barang jualan. Dapat dibeli dan ditawar. Ikhtiar untuk membasmi terasa sia-sia dan tak ada gunanya. Peringkat korupsi masih tinggi, aparat tanpa nurani dan pengacara hilang etika. Dengan lampiran gambar yang lucu, buku ini mengukuhkan kembali keyakinan kita: hukum memang sudah lama hilang di negeri ini. Yang tinggal hanya fakultas hokum, pejabat  hukum dan lebih banyak lagi, makelar hukum! Komplotan para  bedebah itulah yang tersisa dan bekerja.






The Right to Differ: A Biographical Sketch of Lim Kit Siang


Ooi Kee Beng




Publisher: Research for Social Advancement (REFSA)

Year: 2011

ISBN: 9789675942068 (pb) / 9789675942075 (hb)

180 Pages

RM30.00 / S$21.00 (pb)

RM50.00 / S$35.00 (hb)

 

Lim Kit Siang has been on the forefront of Malaysian politics ever since the Democratic Action Party was registered in 1966. Despite being incarcerated without trial on two occasions – in 1969 and 1987 – for a total of three years, he remains a major political figure standing in opposition to the path of race-based politics taken by the country’s long-term ruling coalition. The courage and persistence of this former journalist in championing parliamentary democracy and liberal values in the face of authoritarianism have shaped Malaysia’s political landscape in more profound ways than normally assumed. Lim Kit Siang could not – and cannot – be ignored. But be that as it may, little has been written about this inexhaustible politician. This book – based on a long interview with him – is an attempt at rectifying this knowledge gap and at narrating the biography of this inspiring figure.

 

Reformasi Pendidikan di Malaysia: Merentas Jalan Baru


Sri Murniati & Al-Mustaqeem M Radhi




Publisher: Institut Kajian Dasar


Year: 2010

ISBN: 9789838840910

130 Pages    

RM22.00 / S$15.40

 

Kebanyakan orang sedar bahawa pendidikan di Malaysia tidak berada di tahap yang menjanjikan, namun jarang ada sesiapa yang dapat menjelaskan keadaan sebenar secara sepadu. Perbincangan seputar sistem pendidikan yang kononnya terlalu berorientasi peperiksaan dan keputusan terbaru kerajaan memansuhkan PMR dan merombak UPSR membuktikan memang ada yang tak kena pada system pendidikan di Malaysia. Jawapan kepada pertanyaan-pertanyaan di atas dan banyak lagi pertanyaan berkaitan berselerak di forum dan tulisan di media. Buku ini memanfaatkan tulisan-tulisan di media arus perdana dan alternative serta karya-karya akademik mengenai pendidikan bagi memberi gambaran umum dan bersepadu serta menilai keadaan pendidikan di Malaysia. Selain itu, ia juga membuka ruang untuk pembaca melihat jalan mana yang belum ditempuh Malaysia untuk meningkatkan mutu pendidikan dan barangkali layak dipertimbangkan untuk masa mendatang.

 

Pemanasan Global & Perubahan Iklim: Tinjauan Isu-Isu Dasar


Noor Amin Ahmad




Publisher: Institut Kajian Dasar


Year: 2010

ISBN: 9789838840927

84 Pages

RM18.00 / S$12.60

 

Apakah sebenarnya pemanasan global dan perubahan iklim ini? Adakah memang dunia ini sedang menuju kecelakaan kerananya? Apakah tidak ada sisi interpretasi lain terhadapnya? Kehangatan Persidangan Copenhagen pada lewat tahun 2009 telah membawa masyarakat dunia untuk memberi tumpuan kepada isu pemanasan global dan perubahan iklim. Seperti dirancang, pada tahun yang sama filem 2012 – yang menggambarkan sejumlah kecelakaan dunia yang berpunca daripada masalah pemanasan global dan perubahan iklim – mula ditayangkan kepada umum dengan tagline ‘kita telah diingatkan’ (we were warned). Kempen yang bersifat menakutkan, dan sering kali berbunyi paternalistic ini tentulah paling tidak dapat menarik sejumlah sokongan besar daripada masyarakat umum. Namun, itu tidak cukup untuk menghalang sejumlah pandangan berbeza yang boleh dan perlu diberi perhatian sewajarnya. Buku ini ditulis untuk mengajak pembaca menelusuri debat yang berlaku sekitar isu pemanasan global dan perubahan iklim dari perspektif sains, politik dan ekonomi dengan cuba mengaitkan sebanyak mungkin persoalan yang berbangkit bersama isu ini disamping beberapa tinjauan berkaitan dasar.

 

60 Tahun Ekonomi Pasaran Sosial: Pembentukan, Pembangunan dan Perspektif Formula Keamanan

Khalid Jaafar




Publisher: Institut Kajian Dasar


Year: 2010

ISBN: 9789838840941

282 Pages

RM32.00 / S$22.40

 

Buku ini merupakan sebuah kompilasi artikel tentang Ekonomi Pasaran Sosial, dan juga bertujuan untuk mengingati kembali sejarah asal-usul dan prinsip-prinsip dasar model ekonomi dan sosial-politik tersebut.

 

Kata-kata Pengubah Dunia: Kumpulan Pidato Tokoh-Tokoh Besar


Edited by Al-Mustaqeem Mahmod Radhi




Publisher: Institut Kajian Dasar


Year: 2010

ISBN: 9789838840934

171 Pages

RM26.00 / S$18.20

Kata-kata Pengubah Dunia: Kumpulan Pidato Tokoh-tokoh Besar  merupakan sebuah karya yang memuatkan ucapan-ucapan agung yang boleh merubah sejarah dari individu-individu yang terkenal seperti Abraham Lincoln, Anwar Sadat, Barrack Obama dan ramai lagi.

 

 

Revolusi yang Dikhianati: Sebab-sebab Kebangkrutan Uni Soviet


Leon Trotsky




Publisher: Resist Book


Year: 2010

ISBN: 9789791097710

353 Pages

RM29.00 / S$20.30

 

Revolusi yang Dikhianati adalah sebuah karya historis yang menyediakan analisa tajam mengenai sebab-musabab kebangkrutan Uni Soviet. Buku ini ditulis oleh Leon Trotsky, pemikir Marxis yang tajam dan pemimpin Revolusi Oktober 1917 yang mendirikan Uni Soviet, yang lalu memimpin perjuangan melawan birokratisasi Stalin. Trotsky sendiri akhirnya dibunuh oleh agennya Stalin pada tahun 1940. Uni Soviet adalah negara buruh pertama yang menumbangkan kapitalisme dan memulai pembangunan masyarakat sosialisme. Namun setelah kematian Lenin pada tahun 1924, Stalin dan kelompok birokrasinya merebut kekuasaan dari rakyat pekerja Uni Soviet dan mengubah negeri tersebut menjadi sebuah kediktatoran yang kejam. Uni Soviet akhirnya runtuh pada tahun 1991 dan kembali ke kapitalisme.

 


 

Estetika Marxis


Henri Arvon


 

Publisher: Resist Book


Year: 2010


ISBN: 9789791097765


123 Pages


RM12.00 / S$8.40


 


Buku ini merupakan salah satu kajian terbaik mengenai perkembangan filsafat  dan historis estetika Marxist. Bagi Arvon, estetika Marxis merupakan suatu doktrin tentang yang kongkret, kerananya setiap masalah harus dievaluasi ulang dalam cahaya situasi historis dan unik. Untuk memahami tradisi Soviet dalam estetika Marxis dan membongkar masalah terbesar dalam hubungan artistic dengan konstruksi sosialisme, ia pun menelusuri teori estetika pra-revolusi dan pos-revolusi Rusia dan Eropa Timur. Dengan gaya akademisi Perancis yang jernih dan sederhana, Arvon menganalisa perkembangan utama sejarah estetika Marxis sejak dari Mark dan Engels. Tulisan-tulisan Marx dan Engels diterangkan dalam kaitannya dengan estetika Hegelian maupun dengan kontroversi-kontroversi artistic periode tersebut. Pendekatan yang sama ia terapkan ketika mendedah Lenin, Trotksy, Plekanov, V.G. Belinsky, N.G.Chernyshevsky dan pemikir-pemikir estetika revolusioner lainnya. Berbagai analisa teoritis dikontraskan dengan perkembangan produksi artistic antara 1907 dengan 1934. Arvon juga menjelaskan dengan sangat detail debat yang controversial antara Bercht dengan Lukacs. Masalah-masalah historis yang kongkret tersebut menjelaskan masalah teori yang lebih kompleks seperti hubungan antara teori dengan praktik, hakekat dialektika dan peran historisitas dalam analisa estetika.  


 

Bisnis Orang Sakit


Dedi Supratman & Eko Prasetyo




Publisher: Resist Book


Year: 2010

ISBN: 9789791097758

163 Pages

RM18.00 / S$12.60

 

Kesehatan tergolong barang mewah di negeri ini. Obat, dokter dan rumah sakit seperti gurita yang mencengkram daya hidup orang miskin. Walau dicela berulang-ulang tapi rumah sakit masih jalankan praktek bisnis yang mengerikan. Uang dan bayaran seperti alat pengukur kesehatan seseorang. Meski Puskesmas dan Dinas Kesehatan memamerkan kepedulian: sulit dipungkiri orang miskin kesusahan berobat. Dengan dilandasi oleh serangkaian data yang mewah, buku ini kembali menegaskan fakta bahwa kesehatan orang miskin bukan urusan Negara. Kekejian sistem kesehatan ini bukan hanya dilindungi oleh kebijakan tapi dimanfaatkan juga oleh pelaku bisnisnya. Korporasi kesehatan yang telah menenggelamkan mandat dasar negeri ini: menyehatkan rakyatnya sendiri. Lagi-lagi kemudian kesehatan adalah proyek gurih yang melambungkan laba sekaligus membawa petaka, terutama untuk mereka yang miskin dan terbuang.

 

Gerakan Sosial Baru


Rajendra Singh




Publisher: Resist Book


Year: 2010

ISBN:  9789791097758

496 Pages

RM38.00 / S$26.60

 

Seiring berubahnya masyarakat kontemporer, suatu alat analisa baru diperlukan untuk memahaminya. Bahkan, demikian dramatisnya perubahan itu hingga konsep masyarakat itu sendiri sudah tidak memadai lagi. Perlu dikembangkan suatu konsep baru mengenai paska masyarakat. Paska masyarakat itu akan meliputi himpunan kelas, kelompok dan komunitas yang berhubung secara lemah dalam suatu kluster sosial yang lebih besar, biasa diacu sebagai masyarakat dalam sosiologi konvensional. Dinamika paska masyarakat ini berbeda sehingga tesis-tesis mengenai gerakan sosial yang turut mendorong perubahan itupun musti dirombak. Fokus utama buku ini adalah gerakan-gerakan sosial, konflik-konflik, dan tindakan-tindakan kolektif. Berbagai isu yang terkait dianalisa secara kritis dalam konteks perubahan masyarakat dan disiplin sosiologi. Namun, buku ini tidak hanya berupaya memahami gerakan sosial dalam konteks masyarakatnya, melainkan juga membongkar kajian-kajian lain mengenai gerakan sosial. Singh memetakan teori-teori gerakan sosial, setting transnasional ilmu-ilmu social, perdebatan-perdebatan yang menyeruak dan pergeseran tematik umum serta tegangan-tegangan metodologi teori-teori tersebut. Di sisi lain, buku ini mengenalkan suatu orientasi normative yang berbeda terhadap penelaahan struktur-struktur logis yang mana menyediakan basis-basis teoritis untuk gerakan-gerakan sosial. Bahasan buku ini ditujukan pada dua tingkat pembaca. Pertama, buku ini seharusnya menjadi kepentingan siapa saja yang ingin memahami kontradiksi dan krisis dalam masyarakat kontemporer. Buku ini juga berguna bagi individu-individu yang terlibat dalam urusan-urusan publik, para praktisi politik, aktivis akar rumput dari berbagai organ gerakan. Meski demikian, buku ini terutama ditujukan kepada akademisi, peneliti dan mahasiswa paska sarjana dari berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, antropologi, ilmu politik dan sejarah.

 

Kuasa Stigma dan Represi Ingatan


Tri Guntur Narwaya




Publisher: Resist Book


Year: 2010

ISBN: 9789791097789

250 Pages

RM24.00 / S$16.80

 

Catatan sejarah 1965-1966 menjadi babak penting untuk dilihat kembali. Menarasikan kembali kisah yang sudah ‘lewat’ dengan keterbukaan dan kerendahan hati merupakan langkah menempatkan sejarah pada tempatnya yang pantas. Sejarah tragedy tersebut kini masih tetap begitu membekas. Beban ingatannya melekat bersamaan dengan ‘kuasa stigma’ yang masih ditanggung oleh sekian banyak korban. Sekian waktu ‘ingatan’ tentangnya masih ‘disandera’ begitu kuat dalam tafsir resmi negara. Mereka harus menjalani hidup yang dibedakan. Stigma dan label negative seakan diterima sebagai beban kolektif turunan dan generasi sesudahnya masih harus rela tinggal dalam struktur dan kultur politik yang masih gemar menyemai diskriminasi. Buku ‘Kuasa Stigma dan Represi Ingatan’ ini mengeksplorasi secara cermat tentang berbagai dalih pendasaran mengapa stigmatisasi dan diskursus ‘anti-komunis’ masih kuat terserap dalam ingatan kolektif masyarakat. Melalui pendekatan ‘hermeneutika’, buku ini menyumbang analisis dan interpretasi menarik tentang bagaimana modus ‘politik pelabelan’ ini dipraktikkan. Uraiannya berhasil menyentuh dimensi-dimensi penting tentang ‘produksi’, ‘reproduksi’, ’transmisi’ dan ‘resepsi’ berbagai diskursus serta politisasi simbol yang pernah dan saat ini masih mempengaruhi nalar ingatan masyarakat.

 

Imperialisme Baru: Genealogi dan Logika Kapitalisme Kontemporer


David Harvey




Publisher: Resist Book


Year: 2010

ISBN: 9789791097680

253 Pages

RM23.00 / S$16.10

 

Daya hidup kapitalisme yang begitu lama meski menghadapi berbagai macam krisis dan mengalami reorganisasi, disertai dengan ramalan muram, baik dari kaum kiri maupun kanan, mengenai kehancurannya merupakan misteri yang musti dikuak. Levebvre, Lenin dan Luxemburg dengan menggunakan nalar dan argument yang berbeda menemukan jawaban yang sama:  imperialisme. Namun, jawaban itu tidak memadai karena kontradiksi teoritiknya sendiri. Buku ini mencoba mengatasi kelemahan argument-argumen itu dengan menelaah peran “spatial fixes” atas kontradiksi internal dari akumulasi capital. Dengan menyingkap bagaimana capital memproduksi ruang, Harvey menyempurnakan teori perkembangan geografi yang tidak merata, dan mengintegrasikan secara lebih baik fenomena perkembangan dan ek dalam membangun Marx tentang akumulasi capital. Gagasan spatial fix ini harus dipahami dalam kaitannya dengan krisis yang sekarang diidap kapitalisme, serta upaya untuk mengatasinya dalam bentuk imperialisme baru atau lebih dikenal sebagai neoliberalisme.

 

To purchase these and/or any Gerakbudaya/SIRD title, you can:

 

a) Drop in at the following address:

No. 11, Lorong 11/4E

46200 Petaling Jaya,

Selangor, Malaysia

Tel: (603) 7957 8343/8342

Fax: (603) 7954 9202

 


 

c) Send us an email at sird@streamyx.com or gerakbudaya@pd.jaring.my

 

d) Get it from all major bookstores in Malaysia

 

e) Visit our booth at the Kuala Lumpur International Book Fair

 

Thank you for your kind interest and support.

GB Gerakbudaya Enterprise Sdn Bhd

Categories

Pengikut